Engagement Day, Sept 13th 2010

22 09 2010

Alhamdulillah……Setelah selama 3 tahun 5 bulan menjalani hubungan dengan Mas, tanggal 13 September kemarin saya resmi dilamar oleh Mas dan keluarganya. Sebenernya sih, secara personal Mas sudah melamar saya sejak beberapa bulan yang lalu ^^.. Tetapi sebagaimana keluarga yang masih menganut Islam serta berbudaya Jawa, kami  tentu saja meminta izin pada orang tua masing-masing dan kemudian merencanakan saat yang tepat untuk mempertemukan kedua keluarga kami. Dan akhirnya, dipilihlah tanggal 13 September 2010 untuk mengawali bersatunya keluarga besar kami. Pada awalnya sebenarnya belum ada agenda untuk melakukan lamaran, melainkan perkenalan antar keluarga besar saja, karena memang kedua keluarga kami belum pernah bertemu. Secara, saya bertempat tinggal di Magelang sedangkan Mas di Gunungkidul yang berjarak 3,5 jam perjalanan dari Magelang. Namun, mengingat lokasi pekerjaan kami yang terpisah jauh (saya di Jakarta, Mas di Bulukumba, Sulawesi Selatan) dan jarak tempat tinggal orang tua kami yang juga cukup memakan waktu perjalanan, kami sepakat untuk menyatukan acara perkenalan keluarga dan lamaran. Pertimbangannya adalah: 1. Harus arrange minimal 2 kali pertemuan lagi untuk kunjungan balasan dari ortu saya kemudian baru pelaksanaan lamaran; 2. Mas nggak bisa ambil cuti lama dan sering-sering karena dia hari kerjanya sampe hari Sabtu; 3. Tiket Makassar – Yogyakarta yang cukup menguras kantong kalo sering pulang hehehe…  Alhamdulillah, kedua keluarga setuju dengan alasan-alasan kami ini…untung zaman udah makin modern jadi adat dan budaya bisa diringkas sedemikian rupa biar ringkes 😛

Tanggal 12 September 2010. ”Keriuhan” menjelang acara pun dimulai. Padahal awalnya kami hanya ingin acaranya berlangsung simpel dan sederhana, tapi kalo udah melibatkan keluarga besar (terutama keluarga saya hehehe) yah akhirnya jadi macem-macem deh… Untuk menjamu Mas dan keluarga, kami memasak sendiri beberapa menu, dan sisanya pesan dari temannya Mama, yaitu Ibu Poerba (Tuguran). Menu yang kami masak sendiri antara lain Sup ayam & sosis, Ca sawi hijau & jagung manis, Rendang, Puding, Macaroni Schottel, dan Es melon & es blewah. Sedangkan yang pesen itu Asem-asem daging kisi dan udang goreng tepung. Di H-1 saya bantuin Bude Ros bikin Macaroni dan Puding, hmm enak banget hasilnya. Bude Ros yang asli Batak ini  memang jago masak deh! Paginya, alias tanggal 13 September, sedari pagi udah pada masak-memasak di dapur. FYI, berhubung hari itu masih dalam suasana lebaran, sebagian besar sodara mama dan bapak bisa dateng ke Magelang, jadi ya sumber daya manusia lebih dari cukuplah, hehe..yang diminta bantuan buat masak tuh tetangga saya yaitu Bu Maryatin, dibantuin sama Bude ros (lagi), Mbak Shinta, Tante Eny, sama beberapa sodara lain, secara saya hari itu udah ga ikutan masuk dapur. Mau prepare boo…hehehe…Habis mau bantuin mereka juga gak boleh sih! Ya udah, selanjutnya pagi habis sarapan saya ditemenin sama Devi (sepupu) ke salon biar rambut saya lebih tertata. Nantinya kan saya pake kebaya brokat warna coklat (simpel n gak terlalu resmi sih modelnya) sama bawahan rok batik coklat model pias, jadi kalo rambutnya gak diapa-apain keliatan aneh katanya. Pulang dari salon, ups ternyata udah banyak orang aja di depan rumah..Eh gak banyak sih, tapi sebagian adalah tetangga kayak Pak RT, Pak RW, dan tetangga deket yang diundang ke rumah beserta istri. Malu deh hihihi….. Sampe rumah, berhubung saya memang ga mau make up di salon (soalnya pasti bakal jadi tebel banget), langsunglah saya cari-cari peralatan make up. Tadinya mau minta tolong tante apa Devi gitu sih, tapi kok mereka semua kayaknya sibuk, jadi ya udah saya coba-coba make up sendiri aja, yang penting kan gak norak hehe….  Dan ternyata…hmm bagus juga hasil make up saya loh, dapet pujian dari orang-orang lagi 😛 *narsismode: ON* Yang penting sesuai dengan yang diharapkan lah, gak heboh tebelnya…

Gak terasa waktu udah menunjuk jam setengah sebelas. Tapi kok belom ada tanda-tanda Mas dateng ya?? Padahal mereka berangkat dari rumah jam setengah delapan pagi. Eh gak lama kemudian, ada telepon dari Mas. Ternyata rombongan keluarga harus muter lewat Borobudur coz jalan utama Jogja-Magelang macet cet! Emang sih, tiap Lebaran pasti kayak gitu, tapi Alhamdulillah hari itu gak sepadat hari sebelumnya yang menyebabkan om saya dari Solo harus menempuh waktu 11 jam untuk sampai Magelang! Tadinya udah kuatir aja bakal macet parah, tapi ternyata gak lama kemudian Mas kabarin lagi kalo mereka udah hampir masuk Magelang. Duh, kok tiba-tiba jadi nervous yak, hehe… Belom nikahnya, bakal kayak apa nervousnya ya? Akhirnya, jam setengah dua belas lebih sampailah Mas dan keluarga di rumah saya tercinta. Hemm senengnya membayangkan ketemu sama Mas lagi…Meskipun baru 5 hari sebelumnya pulang bareng sih, tapi kan waktunya cepet banget ‘n habis buat tidur di kereta juga hihihihi.. Setelah dipersilahkan masuk, keluarga saya menyambut keluarga mereka beserta oleh-oleh yang dibawa. Saya?? Oh ternyata saya gak boleh keluar dulu sebelum lamarannya diterima, hiks hiks…harus diumpetin dulu katanya. Akhirnya saya cuma bisa mendengarkan acara berlangsung dari ruang tengah ditemani sepupu-sepupu, tante, dan beberapa ibu-ibu tetangga. Sementara dari keluarga saya yang duduk di depan ada ortu, om saya yang bertugas sebagai wakil keluarga, pakde dan bude. Sedangkan dari keluarga Mas yang “menghadapi” (eh emang perang? :D) ada Mas sendiri, Bapaknya Mas (Ibu udah nggak ada), Kakak tertuanya Mas, Om, dan wakil keluarganya. Keluarga yang lain ada yang di dalam rumah, ada juga yang duduk di depan rumah, di tempat yang udah disediain. Dan bla bla bla bla…..setelah pembicaraan cukup panjang masuklah acara ini ke pertanyaan inti. Dan tentu saja  oleh keluarga saya dijawab YA! Hehehe…finally saya dipersilahkan untuk keluar dari “persembunyian, untuk kemudian dipasangkan cincin ke jari kami masing-masing, di mana cincin saya dipasangkan oleh ibu mertua kakaknya Mas, sedangkan cincin Mas dipasangkan oleh mama. Hufffftt….selesai deh acara inti.  O iya, untuk cincinnya itu kami pesan di Orori Wedding Ring, dengan spesifikasi emas putih dan berlian 0,03 ct. Habis itu saya boleh duduk di luar nemenin orang tua, sambil keluarga besar kami saling memperkenalkan diri. Meski acara saat itu udah santai, tapi saya malahan lebih salah tingkah duduk di luar, daripada di dalam tadi. Malu juga diliatin sama Mas, hehehe… Selesai perkenalan, para tamu dipersilahkan buat makan siang, tapi ternyata tetep aja saya dan Mas gak bisa ngobrol dengan leluasa. Habis, semua tempat penuh tamu jadi kami nggak bisa mendapatkan tempat yang cozy buat ngobrol. Akhirnya beberapa saat sehabis makan, rombongan keluarga Mas minta pamit deh…. Hiks hiks belom puaaaasss ketemunyaaa…… Tapi ya sudahlah, soalnya kan memang barengan sama banyak orang jadi nggak mungkin dong mereka nemenin kami yang pengen pacaran,  huehehe…. Tapi ada yang bikin seneeeng banget, apa coba?? Waktu mau pulang Mas berjalan di sebelah saya sambil berbisik “Sayang kamu hari ini cantik banget…..”, wuahhh jadi bikin terpisu-pisu, eh tersipu-sipu malu deh, apalagi itu hasil make up saya sendiri lhoooo… *benerin kerah baju*

Anyway, satu langkah terlewati sudah… Masih banyak sih langkah-langkah berikutnya… Lha wong nentuin tanggalnya aja beluum.. Memang kami nggak merencanakan untuk membahas tanggal pernikahan pada saat itu juga sih, karena belum persiapan juga. Tapi ancer-ancernya sih tahun depan, Insya Allah bisa terlaksana dengan lancar, syukur-syukur lebih cepat dari target 😛  Btw, panjang juga nih cerita tentang acara lamaran saya, semoga aja cerita-cerita lainnya bisa segera menyusul yah!!


Actions

Information

Leave a comment